Cara Mendidik Anak Bersikap Terbuka dan Jujur

Cara Mendidik Anak Bersikap Terbuka dan Jujur . Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya selalu bersikap jujur dan terbuka kepada orang tuanya. Namun tanpa sadar sikap kitalah yang membuat anak tidak terbuka kepada kita.

Jika Anda ingin tahu bagaimana pendapat atau perasaan anak mengenai hal-hal yang sensitif, seperti seks dan lainnya, ubah gaya bertanya Anda. Usahakan juga, bertanyalah dalam suasana yang nyaman  untuk membuat anak bersikap terbuka dan jujur .


Bahasa Anak
* Gunakan kata-kata dan frasa yang anak mengerti.
* Berikan jawaban langsung ke pertanyaan rumit.
* Ketika anak bertanya hal-hal yang menurut Anda canggung, jangan menghindar. Jawablah sebaik mungkin dengan cara yang tepat tanpa mengurangi makna.

Bicara Terbuka dan Jujur
Jika Anda ingin membuat anak terbuka dan jujur , Anda pun harus demikian. Semakin Anda terbuka dan santai, semakin anak merasa mampu berbicara tentang apa pun yang mengkhawatirkan mereka.

Minta Anak Menceritakan Pikirannya
Mengetahui apa yang di pikiran anak sangatlah penting. Dengan demikian Anda bisa tahu apakah apakah yang ada di benaknya mengenai suatu hal benar atau salah. Dengan mengetahui pikirannya, Anda bisa membantu anak memahami daerah “abu-abu” untuk mendorong mereka mengekspresikan pendapat dan mengembangkan penilaian mereka akan sesuatu hal.

Aktif Mendengarkan
Saat ia berkata-kata atau bicara, tunjukkan kalau Anda sangat tertarik dengan apa yang dikatakannya. Buatlah ekspresi mengangguk, tersenyum, dan ajukan pertanyaan yang menunjukkan Anda tertarik. Dengan begitu anak merasa berarti, dan di waktu selanjutnya akan merasa nyaman datang kepada Anda jika ada sesuatu yang benar-benar mengganggu mereka.

Kesabaran dalam membimbing anak merupakan faktor yang penting dalam bersikap agar anak bersikap terbuka dan jujur kepada orang tua. Semoga Cara Mendidik Anak Bersikap Terbuka dan Jujur ini dapat bermanfaat bagi para orang tua
0 Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Bersikap Terbuka dan Jujur"

 
Copyright © 2014 Kabar Intens - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info | Publisherd By Indonesian Templates