Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Mahasiswa

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Mahasiswa - Berikut saya ulas secara akademik Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa atau Mahasiswa.


Dengan motivasi belajar yang kuat otomatis akan mendorong kesuksesan siswa atau mahasiswa dalam studinya. Berikut adalah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mahasiswa tersebut.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mahasiswa

1. Pengertian motivasi belajar.
Suryabrata(1990:99) berpendapat bahawa motivasi berasal dari kata motif”keadaan dalam peribadi seorang yang mendoring individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu”.
Rusyan(1989 :99) motivasi diartikan sebagai “pengerak tingkah laku karena suatu tujuan dengan didasari adanya suatu kebutuhan”.
Sardiman (2001:73) kesuluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan mengajar yang menjamin kelangsungan diri kegiatan belajar yang memberkan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikhendaki oleh siswa tercapai.
2. Ciri-ciri motivasi.
Menurut Sardiman (2001:81) motivasi yang ada pada diri setiap orang itu memiliki cirri-ciri sebagia berikut:
a. Tekun menghadapi tugas
b. Ulet menghadapi kesulitan.
c. Menunjukan minat terhadap bermacam-macam masalah.
d. Lebih senang bekerja mandiriatau kelompok.
e. Cepat bosan pada tugas rutin.
f. Dapat mempertahankan pendapat yang diyakini.
g. Sering mencari dan memecahkan masalah.

3. Macam-macam motivasi.
Secara umum menurut Sardiman (2002:87) motivasi dapat dibedakan menjadi:
  • a. Motivasi intrinsic, yaitu dorongan yang dating dari dalam diri individu. Dapat berupa kebutuhan, keinginan, perasaan, minat, sikap yang semuanya muncul dari kedsadaran sendiri dengan kesadaran diri sendiri yang esensial.
  • b. Motivasi ekstrinsik, yaitu dorongan yang muncul karena adanya pengaruh dari luar. Dorongan itu muncul misalnya karena adasesuatu yang menarik, menyenangkan, ancaman, bahkan juga berupa harapan-harapan dari orang-orang sekitarnya.

4. Fungsi dan unsure-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar.
Menurut Hamalik (200:175) ada beberapa fungsi motivasi dalam belajar diantaranya adalah:
  • a. Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan tanpa adanya motivasi tidak akan timbulnya perbuatan seperti belajar.
  • b. Motivasi berfungsi sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan belajar untuk mencapai tujuan agar memperoleh hasil belajar yang tinggi.
  • c. Motivasi berfungsi sebagai penggerak, artinya besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu erbuatan.
Menurut Djamarah (1994:38)untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru dapat melakukan berbagai cara sebagai berikut:
  1. Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar.
  2. Menjelaskan secara konkrit kepada pesera didik apa yang dapat dilakukan pada akhir pengajaran.
  3. Memberikan penghargaan atas prestasi yang dicapai anak didik sehingga dapat merangsang siswa untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik dikemudian hari.
  4.  Membentuk kebiasaan belajar yang baik.
  5. Membantu kesulitan belajar peserta didik secara individual maupun kelompok.
  6. Menggunakan metode yang bervariasi
0 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Mahasiswa"

 
Copyright © 2014 Kabar Intens - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info | Publisherd By Indonesian Templates